Kartana: Pokémon Pedang Terhunus Tajam Setipis Kertas

Poke-Pedia

0 Comment

Link

Halo sobat Pokémon! Udah pada kenal belum sama Kartana? Nah, kali ini kita bakal bahas makhluk unik yang satu ini. Kartana tuh Pokémon dual-type Grass/Steel yang diperkenalkan di Generation VII. Mungil sih, tapi jangan salah, dia termasuk Ultra Beast lho! Kodenya UB-04 Blade atau dalam bahasa Jepangnya UB04 Slash. Yuk, kita intip lebih dalam tentang si kecil yang super tajam ini!

Wujudnya Kayak Apaan Sih?

Bayangin deh, Kartana tuh kayak origami hidup! Bentuknya mirip manusia yang dilipat dari selembar kertas. Satu sisi putih, satu sisi oranye. Kepalanya agak nyelip ke dalam badan, ada bintang empat sisi di tengahnya. Tapi jangan cari-cari mata atau mulut ya, gak ada tuh! Kepalanya bisa buka tutup kayak permainan tebak-tebakan kertas itu lho. Kayaknya sih itu fungsinya jadi mata sekaligus mulut.

Di atas kepalanya ada dua antena pendek yang ujungnya lebih lebar. Tangannya panjang dan tipis, mirip katana gitu. Ada struktur kuning kayak sarung pedang di bagian atasnya. Sarungnya nyambung ke bentuk segi enam merah di badannya. Dari dasar sarung ini muncul tiga tonjolan kuning yang panjangnya hampir sama kayak tangannya. Kakinya kelihatan berlipat-lipat dengan warna merah di pinggirannya. Meski ukurannya kecil, Kartana termasuk Pokémon paling ringan yang pernah ada!

Jangan Tertipu Sama Ukurannya!

Nah, ini dia yang bikin Kartana super berbahaya. Meski kecil, setiap bagian tubuhnya tuh tajam banget! Bayangin aja, dia bisa motong menara baja raksasa cuma dengan sekali tebas pake pedang di tangannya. Siapa pun yang coba nyerang dia bakal kena imbasnya, kebelah jadi dua!

Menurut Wicke dari Aether Foundation, tubuh Kartana yang ringan dan tipis kayak kertas bikin dia jago banget menghindar. Kebanyakan serangan gak bakal kena dia karena bisa dengan mudah melayang menghindar. Tapi ya gitu, kelemahannya jadi gampang banget kena api atau air. Jadi inget pepatah kan? Ada untung ada rugi!

Kemampuan Unik Si Kecil

Di anime, Kartana punya kemampuan yang bikin kita melongo. Dia bisa buka Ultra Wormhole sendiri! Gak cuma itu, ternyata dia juga bisa ngomong bahasa manusia lho. Tapi ya gitu, ngomongnya kebalik-balik. Lucu ya? Oh iya, ada fakta menarik nih. Dulu, Kartana sempat jadi satu-satunya Pokémon yang bisa belajar gerakan Cut cuma dengan naik level. Keren kan?

Asal-Usul yang Menarik

Nah, kira-kira Kartana ini terinspirasi dari apa ya? Banyak yang bilang sih dia gabungan antara seni origami dan samurai. Ada juga yang bilang dia mirip sama noshi, origami khusus yang biasa dipasang di kado buat acara selamat-selamatan sebagai simbol keberuntungan. Ada lagi nih yang bilang dia mirip shikigami, boneka kertas berbentuk manusia atau hewan yang dikasih kekuatan spiritual, biasanya dipake sama pendeta buat nolak energi negatif.

Sifatnya yang tajam tapi kertas banget itu mungkin juga ngegambarin paper cut ya. Tau kan rasanya kena paper cut? Sakit banget padahal cuma kertas!

Arti di Balik Namanya

Kalo dipikir-pikir, nama Kartana ini mungkin gabungan dari katana (pedang Jepang) dan card atau charta (bahasa Latin untuk kertas). Bisa juga sih dari Curtana, pedang upacara Inggris yang dipake pas penobatan raja dan ratu. Ada juga yang bilang namanya berasal dari bahasa Sansekerta कर्तन (kartana) yang artinya memotong.

Kalo dalam bahasa Jepang, namanya Kamiturugi. Ini mungkin gabungan dari 紙 (kami) yang artinya kertas, 神 (kami) yang artinya dewa, dan 剣 (tsurugi) yang artinya pedang. Jadi intinya, Kartana tuh kayak “Pedang Kertas Dewa” gitu deh!

Kesimpulan: Si Kecil yang Gak Bisa Diremehkan

Nah, itulah serba-serbi tentang Kartana, si Ultra Beast mungil yang super tajam! Meski ukurannya kecil, jangan pernah remehkan kekuatannya ya. Dia bisa jadi teman yang asyik sekaligus lawan yang mematikan. Jadi, kalo suatu hari kamu ketemu Kartana, inget-inget ya apa yang udah kita bahas hari ini. Siapa tau bisa jadi partner hebat dalam petualanganmu!

Gimana nih menurut kalian tentang Kartana? Keren kan? Pokémon unik kayak gini emang bikin dunia Pokémon makin seru aja ya! Yuk, share pendapat kalian di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Pokéfans!


Share:

Related Post