Komala: Pokémon Koala Tukang Tidur Sejak Lahir

Poke-Pedia

0 Comment

Link

Halo para Pokémon trainer! Udah pada kenal belum sama Komala? Ini nih Pokémon yang bisa dibilang paling hobi tidur sepanjang masa. Komala itu Pokémon tipe Normal yang diperkenalkan di generasi VII. Uniknya, Komala nggak berevolusi jadi Pokémon lain atau berasal dari evolusi Pokémon lain. Jadi dia ya cuma Komala aja, tapi justru itu yang bikin dia spesial!

Penampilan Komala yang Bikin Gemas

Nah, gimana sih tampang si Komala ini? Bayangin aja koala imut berwarna biru-abu-abu. Telinganya gede dan bulat, dengan bulu oranye muda di dalamnya. Hidungnya item, gede, dan oval. Di atas matanya ada alis berbulu putih yang fluffy banget. Pipinya juga ada gumpalan bulu putih yang bikin dia makin imut. Lehernya dikelilingi bulu abu-abu yang agak lebih panjang, kayak syal gitu deh. Tangannya item dengan lima jari pendek, sementara kakinya punya tiga cakar item dan bantalan kaki yang juga item. Perut dan ekornya yang pendek berbulu putih. Yang paling khas, Komala selalu megang sebatang kayu pendek yang dia dapet sejak lahir. Kayunya warna coklat muda dengan motif oval yang lebih gelap. Ujung-ujungnya warna tan dan kita bisa liat lingkaran tahun kayunya.

Kebiasaan Unik Komala: Tidur Sepanjang Hidup

Nah, ini dia yang paling unik dari Komala. Pokémon ini tidur terus dari lahir sampai mati! Kok bisa? Ternyata ini karena makanannya. Komala makan daun-daun tertentu yang sebenernya beracun, tapi cuma Komala yang bisa mengurai racunnya. Racun ini malah bikin Komala jadi ngantuk terus. Meskipun kadang ekspresinya berubah seolah-olah dia sadar sama lingkungan sekitar, sebenernya itu cuma karena mimpinya aja. Yang hebat, Komala bisa makan, jalan-jalan, bahkan bertarung tanpa bangun! Keren kan?

Kayu Kesayangan Komala

Tau nggak? Kayu yang selalu dipeluk Komala itu super penting buat dia. Kalo kayunya diambil, Komala bakal nggak bisa tidur nyenyak dan jadi beringas. Tapi kadang-kadang, kalo Komala udah percaya sama trainernya, dia bisa ganti meluk lengan si trainer. Kalo lagi tidur pules banget, Komala bahkan nggak gerak sama sekali. Jadi inget boneka kesayangan kita pas kecil ya, yang selalu dibawa kemana-mana!

Khasiat Air Liur Komala

Nah, ini nih yang unik. Menurut orang-orang jaman dulu, air liur Komala itu punya khasiat lho! Katanya, kalo kita minum air liur Komala yang udah diencerin, kita bisa tidur nyenyak. Bahkan, air liur ini juga pernah dipake sebagai obat bius buat operasi. Wah, siapa sangka air liur bisa sehebat itu ya? Tapi inget, jangan coba-coba ya. Ini cuma cerita dari jaman dulu aja!

Musuh Alami Komala

Meskipun imut dan kayaknya nggak ganggu siapa-siapa, ternyata Komala punya musuh alami lho. Di Alola, ada Pokémon bernama Hypno yang suka berburu Komala. Katanya sih, Hypno lebih suka Komala daripada manusia. Hmm, mungkin karena Komala gampang ditangkep kali ya, secara dia tidur terus.

Kemampuan Unik: Comatose

Komala punya kemampuan yang disebut Comatose. Ini kemampuan yang cuma dipunyai sama Komala doang lho! Dengan Comatose, Komala selalu dalam keadaan tidur, tapi tetep bisa ngelakuin segala hal. Keren kan? Bayangin aja, dia bisa bertarung sambil tidur. Siapa tau kita juga bisa kayak gitu ya, ngerjain tugas sambil tidur. Haha!

Asal-Usul Desain Komala

Kira-kira, inspirasi buat bikin Komala ini dari mana ya? Jelas banget sih Komala terinspirasi dari koala beneran. Koala emang terkenal suka tidur, bisa sampai 20 jam sehari! Nah, kayu yang selalu dipeluk Komala itu mungkin terinspirasi dari guling atau dakimakura. Yang menarik, kayu yang dipeluk Komala shiny (versi warna langka) mirip banget sama pohon forest red gum. Pohon ini emang jadi habitat favorit koala di alam liar.

Arti Nama Komala

Nama “Komala” kayaknya gabungan dari kata “coma” (keadaan tidak sadar) dan “koala”. Pas banget kan sama karakteristiknya? Kalo dalam bahasa Jepang, Komala disebut “Nekkoara”. Ini bisa jadi gabungan dari beberapa kata Jepang: “nekko” yang artinya akar atau tunggul pohon, “ne” yang artinya tidur, “ko” yang artinya anak binatang, dan tentu aja “koala”. Wah, kreatif banget ya namanya!

Kesimpulan: Komala, Si Imut yang Unik

Nah, itulah serba-serbi tentang Komala, si Pokémon tukang tidur yang super imut! Meskipun cuma tidur aja, tapi Komala punya banyak keunikan yang bikin dia jadi salah satu Pokémon yang menarik. Dari kemampuan tidur sepanjang hidupnya, kayu kesayangannya, sampai khasiat air liurnya, Komala bener-bener Pokémon yang nggak ada duanya. Gimana? Tertarik nggak buat nangkep Komala dan nambahin dia ke tim Pokémon kamu? Siapa tau dengan adanya Komala, tim kamu bisa jadi lebih relaks dan tidur nyenyak. Hehe. Yuk, berburu Komala di game Pokémon kesayangan kamu!


Share:

Related Post