Greninja: Pokémon Ninja Katak Super Keren Menawan

Poke-Pedia

0 Comment

Link

Halo para Pokémon trainer! Udah pada kenal belum sama Greninja? Kalau belum, wah… kalian harus tau nih! Greninja ini Pokémon yang super keren loh. Dia tuh Pokémon tipe ganda, Water sama Dark, yang pertama kali muncul di Generation VI. Asalnya dari evolusi Frogadier yang udah level 36 ke atas. Nah, Greninja ini sebenernya bentuk final dari Froakie. Keren kan?

Yang bikin Greninja makin asyik, di Generation VII dia punya kemampuan spesial namanya Battle Bond. Dengan kemampuan ini, Greninja bisa berubah jadi Ash-Greninja setelah ngalahin lawan pas lagi battle. Tapi sayangnya di game Pokémon Scarlet and Violet, fitur Ash-Greninja udah nggak ada lagi. Battle Bond cuma naikin stat Greninja aja sekarang kalau dia berhasil ngalahin musuh.

Tampang Greninja: Katak Ninja yang Stylish

Nah, sekarang kita bahas penampilan Greninja yuk! Dia ini Pokémon yang berdiri dengan dua kaki, bentuknya mirip kodok gitu. Warna tubuhnya kebanyakan biru gelap, tapi ada juga warna kuning di bagian dada. Di atas matanya ada tanda segitiga putih, terus di pahanya ada bintang biru muda empat sudut. Bagian bawah mukanya juga warna kuning.

Yang paling eye-catching dari Greninja itu lidahnya! Bayangin aja, dia punya lidah pink gede yang melilit lehernya terus menjulur ke belakang kepala. Keren abis kan? Terus di kepalanya ada semacam sirip, di samping kanan-kiri juga ada sirip yang dihubungin sama jaring-jaring biru muda.

Siku dan lututnya punya benjolan putih kayak gelembung gitu. Kaki belakangnya cuma punya dua jari, tapi kaki depannya punya tiga jari. Tiap jarinya ada ujung yang bulat dan ada selaput renang warna kuning. Pokoknya Greninja ini tampangnya unik banget deh!

Kemampuan Super: Ninja Katak yang Gesit dan Mematikan

Nah, jangan salah nih. Meskipun bentuknya katak, Greninja ini bisa gerak secepat dan selincah ninja beneran loh! Dia suka pake gerakan cepet buat bikin musuhnya bingung, terus nyerang pake senjata dari air yang dipadatin. Biasanya sih bentuknya kayak shuriken gitu.

Tau nggak? Shuriken airnya Greninja ini tajem banget sampai bisa motong logam! Di Generation VI, Greninja punya jurus andalan namanya Mat Block. Tapi sekarang di Generation IX, jurus andalannya ganti jadi Water Shuriken.

Transformasi Keren: Ash-Greninja!

Nah, ini nih yang bikin Greninja makin kece. Di anime dan di game Generation VII, Greninja yang punya kemampuan Battle Bond bisa berubah jadi Ash-Greninja. Kalo udah berubah, warna kulitnya jadi biru lebih terang, mukanya dapet garis-garis merah, pipi sama sirip sampingnya jadi item dan bentuknya mirip rambut Ash.

Gak cuma penampilannya yang berubah, kakinya juga jadi lebih kuat dan di punggungnya bisa munculin Water Shuriken gede. Pokoknya jadi makin sangar deh!

Asal-Usul Greninja: Perpaduan Mitos dan Legenda

Kira-kira Greninja ini terinspirasi dari apa ya? Ternyata, desainnya gabungan dari banyak hal loh! Pertama, jelas banget dia terinspirasi dari kodok. Tapi bukan kodok biasa, melainkan katak bertanduk dari jenis Megophrys dan Ceratophrys. Itu loh yang punya tonjolan kayak duri di atas matanya.

Warna dan bentuk tubuhnya juga mirip sama katak daun yang indah. Terus, benjolan-benjolan di tubuhnya itu mungkin terinspirasi dari kelenjar parotoid kodok. Ada yang bilang ini ngegambarin mitos tradisional kalau kodok bisa bikin kutil. Tapi bisa juga sih itu sisa-sisa dari frubbles-nya Froakie dan Frogadier.

Yang bikin Greninja makin keren, dia juga terinspirasi dari ninja! Di budaya Jepang, kodok dan katak sering dikaitin sama ninja gara-gara cerita rakyat “Kisah Jiraiya yang Pemberani”. Itu tuh cerita tentang ninja yang bisa berubah jadi kodok gede.

Greninja dan evolusi sebelumnya juga kayaknya terinspirasi dari karakter pencuri atau bajak laut di game RPG. Biasanya karakter-karakter itu petarung jarak jauh yang mengandalkan kecepatan dan kelincahan, lebih suka menghindar daripada nerima serangan langsung.

Oh iya, kalau Ash-Greninja itu penampilannya terinspirasi dari baju Ash di serial Pokémon XY. Keren kan?

Asal-Usul Nama: Greninja

Nah, kalian pasti penasaran kan darimana nama Greninja berasal? Ternyata namanya itu gabungan dari “grenouille” yang artinya kodok dalam bahasa Prancis, sama “ninja”. Jadi langsung ketebak deh dia itu ninja kodok!

Kalau nama Jepangnya, Gekkouga, itu gabungan dari beberapa kata. Bisa dari “geko” yang artinya suara kodok, atau “gekkō” yang artinya cahaya bulan. Kenapa cahaya bulan? Soalnya ada anggapan populer kalau ninja suka beraksi di malam hari. Bisa juga sih merujuk ke tipe Dark-nya Greninja. Terus ditambah “Kōga-ryū” yang itu nama sekolah ninja terkenal di Jepang.

Penutup: Greninja, Si Bintang Pokémon

Nah, gimana? Seru banget kan Greninja ini? Dia bukan cuma Pokémon biasa, tapi gabungan dari banyak unsur keren yang bikin dia jadi salah satu Pokémon paling populer. Dari desainnya yang unik, kemampuan ninjanya yang keren, sampai transformasi Ash-Greninja yang bikin gempar.

Greninja ini bener-bener bukti kalau tim Pokémon pinter banget merancang karakter. Mereka bisa nyatuin unsur alam kayak kodok, sama elemen budaya kayak ninja, terus jadiin satu Pokémon yang super keren. Nggak heran deh kalau banyak trainer yang pengen punya Greninja di timnya.

Jadi, kapan nih kalian mau coba main sama Greninja? Dijamin deh bakal seru banget! Apalagi kalau bisa dapetin yang punya kemampuan Battle Bond. Wah, bakal jadi ace di tim kalian tuh! Yuk, buruan tangkep Froakie terus evolusi sampai jadi Greninja!


Share:

Related Post