Sawsbuck: Pokémon Rusa Anggun Tanduk Musiman Memukau

Poke-Pedia

0 Comment

Link

Halo, Pokémon lovers! Udah pernah denger tentang Sawsbuck belum nih? Kalo belum, yuk kita kenalan sama Pokémon unik yang satu ini! Sawsbuck itu Pokémon tipe Normal/Grass yang pertama kali muncul di Generation V. Dia evolusi dari Deerling pas levelnya udah nyampe 34. Yang bikin Sawsbuck spesial banget tuh kemampuannya buat berubah penampilan tergantung musim. Keren kan?

Perubahan Sawsbuck Seiring Waktu

Nah, dulu di Generation V, Sawsbuck bisa gonta-ganti penampilan sesuai musim yang lagi berlangsung. Tapi, setelah kamu tangkep, dia bakal tetep di bentuk itu aja. Kecuali kalo dia ada di tim kamu pas pergantian musim, baru deh dia bisa berubah lagi. Uniknya, ini berlaku juga buat telur Sawsbuck lho!

Sayangnya, dari Generation VI sampe VIII, fitur musim nggak ada lagi. Jadinya, Sawsbuck yang bisa ditangkep di alam liar cuma bentuk musim semi doang. Tapi tenang, bentuk musim lainnya masih bisa didapetin kok kalo kamu transfer Sawsbuck dari Generation V atau lewat breeding.

Nah, kabar gembiranya nih, di Pokémon Scarlet dan Violet, Sawsbuck bisa berubah bentuk lagi! Caranya mirip kayak di Black, White, Black 2, sama White 2. Bedanya, sekarang bentuknya tergantung lokasi di mana kamu load game-nya. Seru kan?

Penampilan Sawsbuck yang Menawan

Sawsbuck itu Pokémon yang mirip banget sama rusa. Warnanya cokelat sama krem, dengan telinga berbentuk belah ketupat. Matanya punya tanda oranye muda yang melengkung ke samping mukanya. Hidungnya cokelat tua, dan dia punya bulu krem di dagu sama samping mukanya.

Yang bikin Sawsbuck makin keren, perutnya dikelilingi garis-garis oranye muda. Terus, punggungnya dihiasi bintik-bintik yang warnanya beda-beda tergantung musim. Pas musim semi warnanya pink, musim panas hijau, musim gugur oranye, dan musim dingin putih. Kaki-kakinya ramping dan ujungnya ada kuku belah. Oh iya, ekornya yang cokelat ngarah ke bawah, kecuali pas musim panas.

Perubahan Sawsbuck di Setiap Musim

Nah, sekarang kita bahas lebih detail tentang perubahan Sawsbuck di tiap musim ya!

Pas musim semi, Sawsbuck dapet jambul bulu krem di dadanya. Tanduknya juga jadi cantik banget karena dihiasi bunga-bunga pink. Manis deh pokoknya!

Kalo musim panas, ekornya ngarah ke atas. Terus, di belakang kepalanya tumbuh jambul-jambul bulu. Yang paling keren, tanduknya dihiasi daun-daun hijau. Seger banget keliatannya!

Pas musim gugur, jambul bulu krem di dadanya balik lagi. Nah, daun-daun di tanduknya berubah jadi warna merah sama cokelat. Cocok banget sama suasana musim gugur ya!

Terakhir, pas musim dingin, bulu kremnya berubah jadi putih. Jambul-jambul bulu putih muncul di dada sama kakinya. Yang paling dramatis, tanduknya jadi keliatan kayak dilapisi salju. Keren abis!

Kehidupan Sawsbuck di Alam Liar

Sawsbuck itu hidup berkelompok lho. Dan tau nggak? Pemimpin kelompoknya adalah Sawsbuck yang punya tanduk paling indah. Keren ya? Mereka bisa hidup di mana aja karena bisa beradaptasi sama musim. Tapi, mereka lebih suka tinggal jauh-jauh dari manusia.

Soal makanan, Sawsbuck itu vegetarian alias pemakan tumbuhan. Oh iya, ada yang bilang kalo Sawsbuck itu pertanda datangnya musim semi lho. Makanya, banyak orang yang suka banget sama Pokémon ini.

Tapi, dari semua bentuk Sawsbuck, yang paling nggak populer itu bentuk musim dinginnya. Padahal menurut aku sih keren-keren aja. Tapi ya namanya selera orang beda-beda ya!

Fakta Unik Setiap Bentuk Sawsbuck

Nah, sekarang kita bahas fakta-fakta unik dari setiap bentuk Sawsbuck yuk!

Bentuk musim semi Sawsbuck itu punya bunga di tanduknya yang tumbuhnya lamban karena nyerap nutrisi. Katanya nih, makin pucat warna bunganya, makin cantik Sawsbuck-nya. Unik ya?

Kalo bentuk musim panas, makin tebel dan gede daun-daunnya, makin keren Sawsbuck-nya. Yang seru, daun-daun ini bisa dibuat jadi teh item lho! Rasanya beda-beda tergantung daerahnya. Di Paldea misalnya, tehnya lebih wangi.

Buat bentuk musim gugur, makin gelap warna merah daunnya, makin stylish deh Sawsbuck-nya. Tapi hati-hati, Sawsbuck bentuk musim gugur itu tempramennya pendek. Apalagi yang jantan, suka berantem mulu!

Terakhir, bentuk musim dingin. Nah, ini yang paling kalem dan gampang dijinakkan. Makanya, musim dingin itu waktu yang pas buat nangkep Sawsbuck bentuk ini buat jadi partner kamu!

Asal-Usul Sawsbuck

Kira-kira Sawsbuck terinspirasi dari apa ya? Ada yang bilang dia mirip sama rusa Père David. Rusa ini punya kebiasaan unik, yaitu menghias tanduknya pake dedaunan pas musim kawin. Keren kan?

Ada juga yang bilang Sawsbuck terinspirasi dari mitologi Norse. Di sana ada empat rusa yang namanya Dáinn, Dvalinn, Duneyrr, dan Duraþrór. Mereka suka makan di antara cabang-cabang pohon dunia Yggdrasill dan kadang-kadang dikaitin sama musim.

Tanduk Sawsbuck juga mungkin terinspirasi dari pohon yang daunnya rontok. Atau bisa juga dari cerita Baron Munchausen. Di cerita itu, sang Baron nyoba nembak rusa pake peluru dari biji ceri. Eh, rusanya selamat dan kabur. Setahun kemudian, dia nemuin rusa dengan pohon ceri tumbuh di kepalanya. Lucu ya idenya!

Asal-Usul Nama Sawsbuck

Nah, sekarang kita bahas soal nama Sawsbuck. Nama ini mungkin permainan kata dari ‘sawbuck’, yang artinya kerangka buat nahan kayu yang mau digergaji. Di dalam kata ‘sawbuck’ ada kata ‘buck’ yang artinya rusa jantan.

Ada juga yang bilang ‘SAWS’ itu singkatan dari nama-nama musim dalam bahasa Inggris: Summer (musim panas), Autumn (musim gugur), Winter (musim dingin), dan Spring (musim semi). Pinter ya yang bikin namanya!

Kalo dalam bahasa Jepang, Sawsbuck namanya Mebukijika. Ini gabungan dari kata ‘mebuki’ yang artinya bertunas, dan ‘shika’ yang artinya rusa. Pas banget kan sama karakter Sawsbuck!

Penutup

Nah, gimana? Seru kan fakta-fakta tentang Sawsbuck? Pokémon yang satu ini emang bener-bener unik dan menarik. Perubahan bentuknya di setiap musim bikin dia jadi salah satu Pokémon favoritku. Kalo kamu gimana? Udah punya Sawsbuck di tim kamu? Atau malah pengen nangkep setelah baca artikel ini? Apapun pilihanmu, yang pasti Sawsbuck bakal jadi partner yang keren buat petualanganmu! Selamat berburu Pokémon!


Share:

Related Post