Golem: Pokémon Raksasa Berbatu Super Kuat

Poke-Pedia

0 Comment

Link

Halo semua Pokémon Trainer! Udah pada tau belum nih tentang Golem? Yap, Pokémon yang satu ini emang gak bisa diremehkan lho. Dari penampilannya aja udah keliatan banget kalau dia punya kekuatan yang gede. Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang si raksasa batu yang satu ini!

Siapa Sih Golem Itu?

Golem tuh Pokémon tipe Rock/Ground yang pertama kali muncul di Generation I. Dia adalah evolusi terakhir dari Geodude, setelah berubah jadi Graveler. Nah, yang unik nih, Golem baru bisa muncul kalau Graveler di-trade sama temen kamu atau dikasih Linking Cord. Jadi, gak gampang-gampang amat buat dapetin Golem!

Tapi tunggu dulu, ternyata Golem punya bentuk regional lho di Alola! Di sana, dia malah jadi tipe Rock/Electric. Keren kan? Evolusinya juga sama, dari Alolan Geodude ke Alolan Graveler, terus baru jadi Alolan Golem kalau di-trade.

Tampang Golem yang Bikin Melongo

Bayangin deh, Golem tuh kayak kura-kura raksasa yang badannya berbentuk bola dan diselimuti batu-batu hijau. Keras banget lho kulitnya, sampe dinamit aja gak bisa bikin lecet! Kepalanya nongol di tengah-tengah cangkang, dengan moncong datar dan dua gigi runcing di rahang bawah. Matanya merah, bikin dia keliatan sangar abis!

Golem punya tangan pendek dengan tiga cakar dan kaki dengan empat cakar di depan dan satu di belakang. Warna kepala dan anggota tubuhnya cokelat muda. Yang keren nih, Golem bisa tumbuh lebih besar dengan cara melepas kulitnya setahun sekali. Cangkang yang dibuang langsung mengeras waktu kena udara, terus hancur dan balik jadi tanah. Tapi, semakin tua, Golem bakal berhenti ganti kulit dan malah ditumbuhi lumut di cangkangnya. Unik banget kan?

Kemampuan Golem yang Bikin Kagum

Nah, ini nih yang bikin Golem jadi Pokémon yang gak bisa diremehkan. Di anime, kita bisa liat kalau Golem bisa narik kepala dan anggota tubuhnya ke dalam cangkang, terus menggelinding dengan kecepatan tinggi! Keren sih, tapi bahaya juga, soalnya dia gak bisa liat apa-apa waktu ngegulung gitu. Bisa-bisa dia nabrak atau ngelindas apa aja yang ada di jalannya.

Karena bahayanya itu, orang-orang sampe bikin alur di sisi gunung buat ngarahin Golem yang lagi ngegulung. Gak kebayang kan kalau sampe ada Golem nyasar ke rumah penduduk? Bisa ancur tuh!

Golem Alola: Versi yang Lebih Kece

Di Alola, Golem punya penampilan yang beda banget! Lengannya jadi lebih pendek dengan dua cakar, kakinya juga cuma punya dua cakar. Tapi yang bikin dia kelihatan makin garang tuh wajahnya yang ditempelin pasir besi, jadi kayak punya kumis, alis, dan janggut hitam yang lebat!

Yang paling keren, di atas badannya ada dua batu hitam gede dengan satu batu kecil di tengahnya, bentuknya jadi kayak meriam gitu! Di pinggir batu gedenya ada tiga titik emas. Meriam ini bikin Golem Alola gak bisa gampang ngegulung kayak sepupunya dari Kanto.

Nah, Golem Alola punya kemampuan super nih. Dia bisa nembakkin batu kecil pake magnetisme. Batunya bakal diisi listrik, jadi bikin kejutan di seluruh area yang kena. Bahkan cuma kena sedikit aja bisa bikin mati rasa dan pingsan lho! Kalau gak ada batu, dia malah nembakkin Geodude yang ada di sekitarnya. Gokil abis kan?

Asal-usul Golem yang Bikin Mikir

Ternyata, Golem tuh terinspirasi dari banyak hal lho. Pertama, dari golem dalam cerita-cerita RPG modern, yang biasanya digambarin sebagai makhluk raksasa yang tubuhnya ditutupi atau terbuat dari batu. Terus, mungkin juga terinspirasi dari tsuchikorobi, youkai Jepang yang suka ngegulung dan ngelindas orang-orang, mirip banget sama kebiasaan Golem kan?

Selain itu, Golem juga mirip kura-kura raksasa yang dalam banyak mitologi dipercaya ngedukung dunia di punggungnya. Cangkangnya bisa jadi representasi dari lempeng tektonik Bumi. Keren banget ya idenya!

Kalau Golem Alola, desainnya kayaknya terinspirasi dari kristal piezoelektrik atau magnetit, sejenis bijih besi yang terkenal karena penampilannya yang kayak kristal hitam dan sifat magnetiknya. Struktur hitam di punggungnya mungkin terinspirasi dari senjata kejut listrik atau railgun. Bijih besi ini yang bikin Golem Alola punya “janggut” dan “alis” yang khas.

Nama yang Penuh Makna

Nama “Golem” emang diambil langsung dari kata golem. Tapi tau gak, nama Jepangnya, Golonya, punya arti yang lebih dalem lho! Kemungkinan besar ini gabungan dari “goron-goron”, yang merupakan onomatopoeia atau bunyi batu menggelinding, dan “montagna” yang artinya gunung dalam bahasa Italia. Jadi, namanya aja udah mencerminkan sifat dan habitatnya. Keren kan?

Nah, gimana? Seru banget kan fakta-fakta tentang Golem? Pokémon yang satu ini emang gak main-main deh kekuatannya. Dari penampilannya yang garang, kemampuannya yang dahsyat, sampe asal-usulnya yang unik, Golem bener-bener Pokémon yang menarik buat dipelajari. Jadi, kapan nih mau coba nangkep Golem buat tim kamu? Siap-siap aja, soalnya dia bukan lawan yang gampang ditaklukkan!


Share:

Related Post