Makuhita: Pokémon Pesumo Cilik Yang Semangat Banget!

Poke-Pedia

0 Comment

Link

Halo para penggemar Pokémon! Udah pada kenal belum sama Makuhita? Nih, gue kasih tau deh. Makuhita tuh Pokémon tipe Fighting yang pertama kali muncul di Generation III. Namanya dalam bahasa Jepang adalah Makunoshita. Yang bikin dia makin keren, dia bisa berevolusi jadi Hariyama loh pas udah level 24. Keren kan?

Penampilan Unik Makuhita

Nah, sekarang kita bahas gimana sih tampang si Makuhita ini. Dia tuh Pokémon yang jalan pake dua kaki, tapi yang bikin dia beda adalah bentuk tubuhnya yang gendut dan bulat. Warna tubuhnya kebanyakan kuning, tapi ada tanda hitam di dada yang melebar sampe ke leher. Tangannya bulat kayak sarung tinju hitam, sementara kakinya kuning dengan dua jari kaki yang keliatan.

Yang bikin Makuhita makin unik, di pipinya ada tanda merah berbentuk cincin. Matanya kayak celah sempit gitu deh. Tapi yang paling eye-catching itu ada di atas kepalanya. Ada simpul yang bikin dia mirip banget sama samsak tinju. Lucu ya?

Sifat dan Kebiasaan Makuhita

Makuhita itu Pokémon yang super berani dan nggak pernah nyerah. Mau dijatuhkan berapa kali juga, dia tetep aja bangkit. Yang keren, setiap kali dia bangkit, energinya malah nambah. Jadi makin sering dijatuhkan, dia malah makin kuat. Filosofi hidup yang bagus nih, buat kita juga!

Kalau kamu nemu pohon-pohon patah di sekitar sarang Makuhita, jangan kaget ya. Itu sih udah biasa. Soalnya dia suka latihan dengan cara nampar dan nabrak pohon-pohon. Tapi lucu deh, kadang-kadang dia salah ngira Exeggutor sebagai pohon. Alhasil, bukannya pohon yang roboh, malah dia yang mental. Kocak abis!

Pola Hidup Makuhita

Makuhita itu doyan makan banget dan jago tidur. Tapi jangan salah, pola hidup yang kayak gini justru bikin tubuhnya jadi kuat dan tahan banting. Latihannya yang keras plus pola hidup yang disiplin bikin dia punya badan yang bisa nahan serangan apapun. Jadi inget pepatah nih, “di balik tubuh yang sehat, ada perut yang kenyang”. Hehe.

Kalau kamu pengen ketemu Makuhita, coba deh jalan-jalan ke daerah pegunungan. Soalnya dia suka banget tinggal dan latihan di sana. Mungkin karena udaranya yang segar kali ya, bikin semangat latihan jadi dobel!

Makuhita di Alola

Ngomongin soal Makuhita, ada cerita menarik nih dari daerah Alola. Awalnya sih Makuhita dibawa dari daerah lain ke Alola. Tapi siapa sangka, Makuhita yang ada di Alola malah jadi lebih terkenal daripada Makuhita di daerah asalnya. Mungkin karena pantainya yang indah bikin Makuhita makin semangat latihan kali ya?

Jurus Andalan Makuhita

Makuhita punya jurus-jurus yang bikin dia makin keren. Dia dan evolusinya, Hariyama, adalah satu-satunya Pokémon yang bisa belajar jurus Smelling Salts dengan naik level. Sebelum Generation V, Arm Thrust juga jadi salah satu jurus khasnya. Bayangin deh, Makuhita yang gendut itu tiba-tiba ngeluarin jurus cepat kayak Arm Thrust. Pasti keren banget!

Inspirasi di Balik Makuhita

Nah, sekarang kita bahas inspirasi di balik terciptanya Makuhita. Kelihatan banget sih kalau Makuhita terinspirasi dari pegulat sumo, yang juga disebut rikishi atau sumōtori. Tapi selain itu, bentuk tubuhnya yang gendut plus simpul di kepalanya bikin dia juga mirip samsak tinju.

Simpul di kepalanya itu mungkin terinspirasi dari chonmage, gaya rambut tradisional pegulat sumo. Tangannya yang mirip sarung tinju dan kakinya yang cuma punya dua jari itu mirip banget sama geta atau zōri, sandal kayu tradisional Jepang. Terus, tanda hitam di lehernya itu kayak slaber bayi, mungkin buat nunjukkin kalau dia masih muda dan belum berpengalaman sebagai Pokémon yang belum berevolusi.

Asal-usul Nama Makuhita

Terakhir nih, kita bahas asal-usul nama Makuhita. Nama Makuhita dan Makunoshita kemungkinan besar berasal dari kata 幕下 (makushita), yang artinya divisi ketiga tertinggi dalam sumo. Jadi, namanya aja udah nunjukkin kalau Makuhita punya potensi besar buat jadi petarung yang hebat!

Penutup

Nah, itulah serba-serbi tentang Makuhita, si gendut kecil yang pantang menyerah. Meskipun penampilannya lucu dan menggemaskan, jangan remehkan kekuatannya ya! Makuhita mengajarkan kita bahwa tidak peduli seberapa sering kita jatuh, yang penting adalah terus bangkit dan menjadi lebih kuat. Jadi, kapan nih mau coba nangkep Makuhita?


Share:

Related Post